Mengganti blogspot Dengan domain sendiri


Anda sebagai penggemar Blogspot tentunya sudah tau bahwa blog Anda pada Blogger.com atau Blogspot dapat di migrasikan ke domain yang sudah Anda beli atau domain pribadi Anda. Misalkan Anda telah memiliki sebuah blog pada blogspot lalu ingin tampak lebih keren tanpa menggunakan embel-embel blogspot.com dan  ingin menggunakan domain .com atau ekstensi domain lainnya.
Tulisan ini akan memandu Anda bagaimana caranya membuat hal itu menjadi kenyataan. Anda tidak perlu menyewa hosting namun cukup membeli domain saja. Pilihlah sebuah provider domain yang menawarkan adanya control panel karena hal ini adalah mutlak diperlukan apabila Anda ingin memanfaatkan fasilitas dari Google. Jika budget Anda masih juga terbatas untuk membeli domain gunakan domain gratis dari Co.Cc. Pada artikel mengenai domain gratis sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana caranya mendapatkan domain gratis dari Co.Cc. Silakan membaca panduan mendapatkan domain berharga $0 pada tulisan tersebut.
Beberapa alasan mengapa orang menggunakan domain sendiri adalah mengenai brand, seperti nama perusahaan, bisnis online hingga untuk tampil lebih keren. Alasan lain adalah karena biaya yang cukup murah tanpa menyewa hosting yang harganya menurut saya sebetulnya tidaklah mahal namun tetap saja lebih hemat dan yang menarik adalah secara teknis akses ke server Google bisa jadi lebih cepat dari pada server hosting berbayar.

Langkah-Langkah Memindahkan Blogspot

Pada tulisan ini saya akan menggunakan domain .co.cc yang sudah sukses didaftarkan.
1. Silakan masuk pada control panelnya seperti terlihat pada gambar.
2. Pilih menu “Domain Settings” dan klik nama domain yang ingin digunakan.
3. Klik menu “Setup”.
4. Silakan klik pada “Radio Button” No. 2 yaitu “Zone Records” seperti terlihat pada gambar. Isikan data yang diminta seperti:
  • Host: adalah nama domain Anda ditulis secara lengkap
  • TTL: 1D
  • Type: CNAME
  • Value: ghs.google.com
Klik tombol Setup dibagian bawah. Ingat bahwa proses ini setidaknya membutuhkan waktu 48 jam atau 2 hari namun bisa kurang tergantung dari cepat tidaknya penyebaran perubahan ini di jaringan internet.
5. Sekarang saatnya Anda mengatur blog Anda pada blogspot. Tentunya Anda harus login dulu sebelum menentukan kemana alamat blogspot Anda selama ini akan beralih.
6. Silakan masuk pada menu “Settings” - “Publishing”.
7. Klik menu “Custom Domain”.
8. Klik menu “Switch to Advanced Settings”.
9. Ketikkan domain .co.cc Anda lengkap dengan www-nya pada baris isian “Your Domain”.
10. Ketik kode keamanan seperti yang tertera disana, lalu klik tombol “Save Settings”.
11. Pastikan dan cek sekali lagi apakah data isian Anda sudah benar, perhatikan tulisan disamping kanan atas yaitu “Settings Were Save Successfully”.
Anda juga dapat melakukan setting mengenai URL domain Anda apakah bisa langsung diketikkan tanpa WWW atau harus menggunakan WWW.
12. Jangan lupa masukkan kode keamanan sekali lagi lalu klik tombol “Save Settings”.
Tunggulah paling tidak 24 jam jika belum aktif juga tunggulah hingga 48 jam :D. Jika belum juga cek kembali pengaturan Anda apakah sudah benar seperti yang saya tuliskan di atas.
Selamat! sekarang Anda sudah bisa memiliki domain sendiri namun tetap menggunakan blogger.com atau blogspot sebagai media hosting-nya. Harap diingat bahwa aktifitas ngeblog Anda tetap dilakukan seperti sebelumnya, yaitu Anda harus login terlebih dahulu melalui blogger.com lalu mulailah menuliskan artikel seperti biasanya. Apa yang berubah? domain lama Anda di blogspot.com apabila diketik secara manual pada baris browser maka akan langsung di teruskan (redirect) ke alamat domain .co.cc baru Anda.
Sekali lagi bagi Anda yang belum memiliki domain gratis dari Co.Cc silakan mendaftar gratis dan Selamat mencoba, semoga bermanfaat.