Tips Mengembalikan Data pada Komputer

     Bila ada tips membangkitkan file yg terhapus dg menggunakan system restore,maka ada cara lain untuk membangkitkan kembali file-file lama yg telah terhapus,atau bahkan terformat.Dibawah ini kita akan menggunakan beberapa tool khusus utk membangkitkan file atau data yg terhapus.
     Langkah-langkah nya sbb :
  1. Sebelumnya,yg pertama Kamu harus Nyiapin beberapa tool seperti ;Partition Magic utk membuat partisi,serta utility recovery,misal Easyrecovery Profesional dari Ontrack atau Phoniex Stellar.
  2. Pastikan dulu keberadaan hardisk yg hilang partisinya dg menggunakan BIOS.setelah ketemu jalankan komputer dg biasa.
  3. Install dan Jalankan sofware partisi,mis:Partition magic.Sofware ini di perlukan utk membuat partisi baru.ingat!!! hardisk yg partisinya hilang akibat dari virus,jadi kamu harus membuat partisi baru agar XP bisa mengenalinya.
  4. Setelah Kamu menjalankan partisi Magic,disitu kamu akan melihat dimana hardisk tadi dalam kondisi Unlocatted,yg artinya belum terpartisi dan terformat.Perlu di ingat,bila partisi hilang,maka system biasanya akan mendeteksi hardisk belum terformat.Jadi saat kamu membuat satu partisi,maka secara otomatis hardisk tadi akan terformat juga.
  5. Setelah Kamu melakukan pembuatan partisi baru ,silahkan Format hardis tadi dengan system yg sebelumnya,misalnya;FAT 32 atau NTFS.
  6. Pastikan keberadaan hardisk atau partisi yg baru tadi menggunakan Explorer,disitu pasti kamu mendapat isi yg hardisk karena baru di format.
  7. Selanjutnya Instal dan jalankan aplikasi recovery,bisa mengguakan Easyrecovery Profesional dari Ontrack atao phoniex Stellar.Misalnya;menggunakan Easyrecovery Profesional.
  8. Pertama Jalankan Easyrecovery,klik Data Recovery.
  9. Selanjutnya pilih Format Recovery,danklik hardisk yg baru di format tadi.
  10. Tunggu sampai proses selesai,dan jangan terkejut,karena waktu yg di butuhkan untuk merecovery data dalam hardisk tadi cukup lama dan tergantung besar kapasitas hardisk tadi,semakin besar yaaa...smakin lama dech...
  11. Setelah Proses scanning data selesai,Kamu bisa langsung merecovery semuanya atau beberapa data saja tergantung kebutuhan.
  12. Bila ingin merecovery beberapa data,pilih data-data tadi dan klik....
  13. Pilih tempat Baru utk meletakkan data tadi,dan klik Nex.....tunggu sampe proses recovery selesai....
  14. Langkah tersebut relatif sama bila Kamu Menggunakan Stellar Phoneix,versi terbaru dari Stellar Phoneix juga memberikan preview utk file yg akan di recovery...
  15. Selamat mencobaa.....Eeeeee,jangan ding..masa mau datanya di hilangkan...xixixixii.